Kamis, 04 Desember 2014

Usaha Laundry Kiloan yang Menguntungkan

Saat ini, usaha laundry kiloan sedang berkembang pesat, apalagi jika sudah memasuki musim hujan. Memulai usaha laundry tidaklah sulit dan tidak perlu mengeluarkan modal yang mahal, karena anda hanya membutuhkan mesin cuci, sabun cuci, dan juga alat setrikaan.
Namun, anda juga harus mempelajari seluk beluk dalam menjalankan usaha laundry kiloan ini, supaya nantinya anda bisa meminimalisir resiko dan kendala dalam menjalankan usaha ini.

Usaha Laundry Kiloan

usaha laundry kiloan


Semua pemula di setiap usaha baru pasti mengalami dua hal, yaitu sisi positif dan sisi negatif. Untuk sisi positifnya, pelaku usaha ini jadi benar-benar belajar dari nol dan tahu semua hal tentang Laundry Kiloan dari A sampai Z. Sisi negatifnya, tentu saja banyak menghabiskan waktu dan materi di awal memulai usaha ini.
Saat baru memulai usaha ini, pasti melakukan kesalahan di sana-sini. Jika mempunyai keluarga atau kerabat yang mengetahui cara Bisnis Laundry Kiloan sebelumnya, pasti tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berbuat kesalahan dan tidak menyimpang jauh dari praktek di lapangan.

Sebelum menjalankan usaha laundry kiloan, maka ada baiknya anda menghitung terlebih dahulu, berapa banyak modalnya dan untuk apa saja modal tersebut dikeluarkan. Kemudian perhitungkan juga perkiraan balik modalnya. Hal ini sangat berguna untuk mengatur keuangan usaha laundry yang anda jalankan. Memang, jika tidak dibimbing oleh ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman di bisnis ini akan terasa sangat sulit, namun jika anda terus berusaha nantinya anda akan terbiasa.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha Laundry Kiloan, diantaranya tempat atau Lokasi. Untuk tempat, harus tepat memilihnya. Tempat yang strategis dan ramai penduduk dengan kesibukan sehari-hari atau cukup di rumah sendiri. Keduanya bisa saja dijalani. Namun, jika membuka Laundry Kiloan di tempat yang kurang strategis, perlu juga dipikirkan biaya untuk deliverynya.

Pada saat membuka usaha Laundry Kiloan, jangan terburu nafsu untuk membeli mesin cuci yang banyak. Anda bisa menggunakan satu mesin cuci dan satu mesin pengering atau dryer sebagai tahap permulaan. Seiring berjalannya waktu, jumlah pelanggan pasti akan bertambah dan ada kesempatan membeli mesin lagi untuk mengehmat waktu anda saat mencuci pakaian. Tidak perlu membeli mesin cuci yang mahal, anda bisa membeli mesin cuci yang baru ataupun bekas atau second, sesuai dengan budget yang ada. Tetapi harus cermat setiap memilih mesin dan banyak bertanya tentang spesifikasi setiap mesin.

Pilih karyawan sebaiknya yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry, atau sediakan tempat atau ruangan untuk menginap, karena jika Laundry sedang ramai, tentunya mau atau tidak karyawan anda harus lembur. Untuk jumlah karyawan, sesuaikan dengan jam buka usaha. Jika, buka dari pagi sampai malam, sebaiknya gunakan 2 shift, yaitu pagi dan siang. Batas jam kerja normal adalah 8 jam. 

Sayangnya, banyak orang yang tidak dapat menjalankan usaha ini karena tidak memiliki modal. Padahal, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha, misalkan dengan cara menggadaikan bpkb mobil dan motor. Yupss… dengan mengggadaikan bpkb maka anda bisa mendapatkan dana tunai yang nantinya bisa anda gunakan untuk modal usaha, sedangkan yang digadaikan hanya bpkbnya saja, kendaraannya masih bisa anda gunakan untuk transportasi usaha anda.

Sekarang ini, banyak sekali pihak individu ataupun perusahaan yang menyediakan peminjaman dengan cara menggadaikan bpkb. Tentunya hal ini bisa menjadi solusi untuk anda yang saat ini sedang kebingungan mencari modal untuk menjalankan usaha laundry kiloan yang sangat potensial. Namun, perhitungkan juga cicilan perbulannya, jangan sampai nantinya anda sendiri malah kebingungan saat jatuh tempo untuk membayar cicilan.