Selasa, 02 Desember 2014

Bingung Modal Usaha? Pakai Jaminan BPKB Aja...

Jaminan atau agunan adalah aset pihak peminjam yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman jika peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut. Jika peminjam gagal bayar, pihak pemberi pinjaman dapat memiliki agunan tersebut.
Dalam pemeringkatan kredit, jaminan sering menjadi faktor penting untuk meningkatkan nilai kredit perseorangan ataupun perusahaan. Bahkan dalam perjanjian kredit gadai, jaminan merupakan satu-satunya faktor yang dinilai dalam menentukan besarnya pinjaman.

Banyak hal yang dapat dijadikan agunan, sebut saja motor, mobil bahkan tanah atau rumah sekalipun, dari beberapa jenis barang yang biasa dijadikan agunan, salah satu yang sering digunakan adalah BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

Jaminan BPKB Tunai

Jaminan Bpkb uang tunai

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, atau disingkat BPKB, adalah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor berfungsi sebagai surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Bersamaan dengan pendaftaran Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, diberikan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dapat disamakan dengan certificate of ownership yang disempurnakan. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan dokumen penting. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor juga dapat dijadikan sebagai jaminan atau tanggungan dalam pinjam-meminjam berdasarkan kepercayaan masyarakat.

Menjadikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sebagai agunan atau agunan BPKB merupakan langkah sakti yang disiapkan oleh setiap pengusaha yang menjalankan usahanya dengan modal yang minim. Hal ini terjadi karena pinjaman yang didapat dengan mengagunkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor bisa jadi cukup besar. Hal ini tentu saja sangat membantu para pengusaha untuk memulai usahanya atau bahkan menambah modal usaha yang sudah berjalan untuk proyek-proyek yang lebih besar.

Ada banyak jenis usaha yang menjanjikan, dari mulai yang berhubungan dengan makanan sampai yang berhubungan dengan barang sandang. Salah satu jenis bisnis usaha yang seakan tidak ada matinya adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner, entah itu makanan atau minuman. Sebut saja membuka usaha es oyen khas bandung. Es Oyen adalah sajian kuliner yang cukup lezat dan segar untuk di sajikan ditengah-tengah keluarga. Sekarang ini, makin besar kesempatan dan peluang usaha untuk berbisnis jualan es oyen di lingkuangan sekitar.

Berbisnis jual es oyen menurut kami adalah sebuah usaha yang cukup menarik. Ketika siang ini kami mencoba mampir dan membeli di salah satu penjual es oyen di Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, ketika kami antri ada seorang konsumen yang memesan lebih dari satu bungkus, sedangkan kami rencana pesan tiga bungkus, dan dibelakang kami ada dua orang ibu-ibu yang siap memesan es oyen ini juga. Jika kami perhatikan sudah 2 hari ini mencoba mampir untuk membeli es oyen ini dan biasanya selalu antri, dari sini saja kami memperkirakan omset penjual es oyen ini cukup menjanjikan.

Namun, hal yang lebih penting adalah masalah permodalan. Sering kali hal ini menjadi batu sandungan bagi para pengusaha yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usahanya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal atau tambahan modal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan jaminan BPKB ke Bank atau tempat lain.

Jaminan BPKB dirasa menjadi objek yang lebih populer untuk dapat digadaikan, entah itu BPKB kendaraan motor atau mobil. Tapi penggadai juga harus hati-hati dalam melakukan penggadaian. Memang modal yang didapat dari agunan BPKB lumayan besar. Tapi hal yang juga sering dilupakan oleh penggadai adalah modal yang didapat tentu saja harus dikembalikan agar BPKB yang dijaminkan juga dapat kembali.