Minggu, 07 Desember 2014

Gurihnya Bisnis Pengiriman Barang

Jasa Pengiriman Barang atau jasa kurir bisa menjadi salah satu peluang bisnis jasa yang menguntungkan. Untuk memulai terjun ke bisnis ini, pelaku harus melakukan riset terlebih dahulu. Terutama yang berkaitan dengan potensi peluang bisnis jasa pengiriman ini.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun Bisnis Jasa Pengiriman Barang, diantaranya Tentukan Daerah Operasi dan Jenis Alat Transportasi yang Akan Digunakan. Dengan menggunakan mobil, pelaku usaha ini dapat mengambil dan mengirimkan barang melintasi kota, sementara dengan menggunakan sepeda motor wilayah yang dicakupi tidak terlalu luas.

Bisnis Pengiriman Barang

gurihnya bisnis pengiriman barang dengan gadai bpkb

Jika lokasi usaha anda berada di tempat yang strategis seperti di pusat kota, maka akan sangat menguntungkan, karena anda bisa menggunakan sepeda motor untuk menjangkau berbagai tempat yang anda tuju. Sebaliknya, jika tidak berada di pusat kota, maka anda harus menggunakan mobil sebagai sarana transportasi. Selain itu, mobil bisa menjangkau wilayah yang luas. Semakin luas jangkauan operasi, maka bisnis pengiriman barang milik anda akan lebih banyak mendatangkan keuntungan.

Peluang bisnis jasa Pengiriman Barang akan semakin berpotensi apabila bisa melayani banyak item untuk dikirimkan. Kapasitas penyimpanan kendaraan akan memainkan peranan besar dalam keputusan ini.
Jika menangani surat-surat, paket-paket kecil, dan dokumen rahasia, maka pelaku usaha ini membutuhkan tas berkualitas tinggi dan tahan air untuk pengiriman barang. Jika memutuskan untuk juga melayani jasa pengiriman untuk item yg lebih besar, seperti makanan, peralatan medis, peralatan industri, atau kotak besar lainnya, diperlukan kendaraan besar yang bisa menampung semua barang tersebut.

Dalam memulai binsis pengiriman barang atau jasa kurir ini, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu jam kerja, batas waktu dan tempat untuk pengiriman barang serta layanan lainnya. Semua hal tersebut bisa menjadi patokan utama anda dalam menjalankan bisnis pengiriman barang ini. Sebagai langkah awal, anda bisa memberikan penawaran yang menarik seperti diskon pada waktu tertentu, ataupun grand prize dengan sistem undian. Berikan pelayanan terbaik  kepada para konsumen anda, ini merupakan hal penting dalam menjalankan sebuah usaha. Jika mereka puas, mereka pasti akan menggunakan jasa pengiriman lagi.

Jika benar-benar serius dalam peluang bisnis jasa ini, buatlah badan usaha yang tercatat secara resmi. Anda bisa membuat legalitas badan usaha dengan mengunjungi instansi pemerintah yang terkait dengan perizinan usaha.

Beritahu teman dan keluarga, dan bagikan kartu nama kepada setiap orang yang dikenal. Anda juga bisa memasang iklan di berbagai papan iklan yang tersedia di tempat yang strategis. Selain itu, anda juga bisa memasang iklan di berbagai media seperti koran, internet, televisi, radio, dan media lainnya.

Anda juga bisa membuat website untuk menunjang promosi dan informasi bisnis pengiriman barang milik anda. Isi website anda dengan informasi yang menarik berhubungan dengan masalah pengiriman barang,  daftar biaya, jam operasional, waktu dan wilayah pengiriman. Tulis semua detail yang berhubungan dengan pengiriman dan pastikan situs anda memiliki tampilan yang profesional.

Memang tidak dipungkiri lagi jika bisnis pengiriman barang ini membutuhkan modal yang cukup besar. Terkadang, banyak orang yang akhirnya mengehtinkan niatnya untuk mendirikan bisnis ini karena tidak memiliki modal usaha. Sebenarnya, untuk mencari modal usah tidaklah sulit, salah satunya adalah dengan menggadaikan Bpkb ke bank ataupun pihak lain yang menyediakan pinjaman usaha.

Anda bisa menggadaikan bpkb mobil atau motor yang anda miliki, sehingga anda bisa mendapatkan dana tunai dengan cepat yang nantinya bisa juga anda gunakan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis pengiriman barang yang anda miliki. Sebenarnya, sudah bukan alasan lagi jika modal menjadi kendala dalam menjalankan usaha. Karena dengan menggadaikan bpkb bisa menjadi solusi tersendiri untuk mengembangkan usaha anda.