Senin, 01 Desember 2014

Bisnis Rumahan: Usaha Menjahit Pakaian Modal Minim


Usaha menjahit pakaian atau baju bisa dijadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan untuk kalangan ibu rumah tangga atau karyawan. Usaha ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah. Jika memiliki hobi dan terampil dalam menjahit, banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah.
Salah satunya adalah membuat pakaian. Salah satu jenis usaha yang bermodal kecil ini, merupakan kesempatan berharga untuk para penjahit terampil, kreatif dan inovatif yang ingin mencari peluang di bisnis rumahan.

Usaha Menjahit Pakaian Modal Minim

usaha menjahit pakaian modal minim

Mungkin bagi sebagian orang, membeli baju di mall atau di pusat perbelanjaan adalah sebuah pilihan yang praktis dan memberikan kesan tersendiri kepada pemakainya. Tetapi tak jarang pula konsumen merasa ukuran pakaian yang mereka beli kurang pas di badan, apalagi jika memiliki tubuh yang unik dan tidak terakomodasi dengan baik oleh ukuran pakaian hasil produk massal pabrik. Atau mungkin kurang sesuai dan kurang cocok model atau pilihan warna dan bahannya. Kendala itulah yang dihadapi jika membeli pakaian yang sudah jadi. Kendala tersebutlah yang nantinya dapat dikelola untuk dijadikan sebuah bisnisrumahan, yaitu menjahit pakaian.

Target utama pelaku bisnis ini adalah anak-anak, remaja putri, para wanita pekerja atau mahasiswa, hingga ibu-ibu muda yang selalu ingin tampil modis dan trendi. Bahkan siapa saja yang ingin membuat baju atau pakaian. Tergantung keahlian dalam menjahit pakaian untuk kaum wanita atau pria.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam berbisnis rumahan menjahit pakaian, diantaranya Modal untuk membeli mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya. Namun, jika sudah memiliki mesin jahit sendiri, artinya modal yang dikeluarkan berkurang.

Pelaku bisnis ini harus memiliki skill atau keahlian menjahit, selain harus sabar dan tekun. Pelaku bisnis ini juga harus mampu menciptakan ide kreatif dalam mendesain pakaian dari model yang sudah ada di pasaran. Pelaku bisnis ini harus rajin Mencari referensi tempat berbelanja bahan tekstil, alat dan perlengkapan menjahit lainnya yang berkualitas dengan harga miring. Pelaku bisnis ini juga harus mempromosikan usahanyakepada orang-orang yang menjadi target pemasaran.

Jika pada awal usaha, merasa belum percaya diri menjahit baju untuk orang lain, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya mulailah dengan menjahit potongan-potongan kain yang polanya sederhana. Carilah partner yang telah mahir dan berpengalaman dalam hal menjahit. Dengan demikian, Pelaku bisnis ini juga dapat belajar banyak dari orang yang lebih ahli tersebut. Mulailah menjahit untuk keluarga-keluarga terdekat, misalnya mencoba membuat pakaian anak, dan sebagainya. Dengan demikian, dapat sering mengasah dan mengeksplor kemampuan menjahit.

Memasarkan usaha jasa menjahit pakaian dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya Promosi dari mulut ke mulut. Dimulai dari keluarga terdekat, teman dekat, hingga tetangga di lingkungan rumah. Dari klien-klien terdekat itulah, nantinya jaringan pemasaran dapat berlanjut pada orang lain yang kenal dengan orang yang telah menjadi pelanggan.

Namun, hal yang lebih penting adalah masalah permodalan. Sering kali hal ini menjadi batu sandungan bagi para pengusaha yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usahanya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal atau tambahan modal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan jaminan BPKB ke Bank atau tempat lain.

Jaminan BPKB dirasa menjadi objek yang lebih populer untuk dapat digadaikan, entah itu BPKB kendaraan motor atau mobil. Tapi penggadai juga harus hati-hati dalam melakukan penggadaian.